Fisikastudycenter.com- Soal pembahasan un ipa fisika smp tahun 2014 nomor 11 - 20.

Soal No. 11
Seseorang dapat membaca dengan jelas pada jarak paling dekat 50 cm. Agar ia dapat membaca dengan jelas pada jarak 30 cm, kekuatan lensa kacamata yang diperlukan adalah...
A. 1/3 dioptri
B. 2/3 dioptri
C. 3/4 dioptri
D. 4/3 dioptri

Kegunaan dan manfaat bunyi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa manfaat kegunaan gelombang bunyi dalam penerapan di berbagai bidang.

Fisikastudycenter.com- Belajar Kemagnetan, Contoh soal dan pembahasan fisika Kelas 9 SMP (IX) mencakup sifat-sifat bahan magnet, cara membuat magnet dan menghilangkan sifat kemagnetan dan menentukan kutub-kutub magnet dari beberapa cara membuat magnet akan didiskusikan melalui metode soal dan penyelesaian.

Soal no. 1
1. Jelaskan istilah-istilah yang berhubungan dengan kemagnetan berikut ini:
a) ferromagnetik
b) diamagnetik
c) paramagnetik

Fisikastudycenter.com - Belajar menentukan massa jenis benda , materi IPA fisika untuk kelas 7 (VII) Sekolah Menengah Pertama. Pelajari contoh soal dan pembahasan berikut ini.

Rumus Massa Jenis Benda
Rumus berikut untuk menentukan massa jenis benda:

Fisikastudycenter.com, contoh soal dan pembahasan jawaban cermin cekung, materi fisika SMP Kelas 8 (VIII), menentukan jarak bayangan dari cermin, menentukan sifat-sifat bayangan, menentukan fokus cermin serta perbesaran bayangan.

Soal No. 1
Diberikan sebuah cermin cekung dengan jarak titik fokus f dan jari-jari kelengkungan R, sebuah benda yang tingginya h cm diletakkan pada jarak S didepan cermin.
Tentukan:
a) jarak titik fokus cermin
b) jari-jari kelengkungan cermin
c) tinggi benda
d) jarak benda dari cermin
e) jarak bayangan yang terbentuk oleh cermin
f) apakah bayangan benda bersifat maya ataukah nyata?
g) dapatkah bayangan terlihat secara langsung pada cermin atau diluar cermin?
h) perbesaran bayangan yang dihasilkan cermin
i) tinggi bayangan yang dihasilkan
j) apakah bayangan diperbesar ataukah diperkecil?
k) rangkum sifat-sifat bayangan
l) gambarkan proses terbentuknya bayangan dengan menggunakan sinar-sinar istimewa cermin-cekung dan definisikan sinar-sinar yang digunakan