Fisika Study Center

Never Ending Learning

Elektroskop Positif Objek Negatif

Elektroskop netral yang didekati oleh  benda bermuatan negatif atau benda bermuatan positif telah dipelajari. Selanjutnya elektroskop positif didekati oleh objek atau benda bermuatan negatif.

Perhatikan dua ilustrasi berikut ini. Cermati kapan daun elektroskop akan bermuatan positif, atau negatif atau malah netral. Untuk bagian kepala elektroskop dipastikan positif.

Topik : Listrik Statis - Elektroscope
Level : SMP

Versi 1: Elektroskop menghasilkan kepala positif, daun positif.

Elektroskop yang digunakan bermuatan positif bukan elektroskop netral.


Kondisinya benda yang didekatkan ke elektroskop muatan negatifnya tidak terlalu banyak sementara elektroskopnya cukup kuat positifnya

  • Muatan positif elektroskop tersebar merata di kepala dan daun.
  • Setelah benda didekatkan ke elektroskop terjadi aliran elektron dari kepala ke daun namun tidak terlalu banyak karena benda tidak cukup kuat kenegatifannya.
  • Elektron yang pindah ke daun akan menetralkan sebagian dari muatan-muatan positif yang ada di daun sehingga jumlah muatan positifnya menjadi berkurang.

Catatan: Meski Kepala dan Daun sama-sama positif, namun jumlah positif di kepala  lebih banyak dari positif di daun. Jadi tidak digambarkan sama jumlahnya (sehingga option C pada soal di depan tidak dipilih).

Versi 2 : Elektroskop menghasilkan kepala positif, daun negatif.
Masih elektroskop yang sama bedanya pada besar muatan benda yang didekatkan ke elektroskop.

Muatan negatif pada benda cukup besar atau banyak sehingga mampu menolak banyak elektron di kepala pindah ke bagian daun di bawah.

  • Karena jumlah elektron yang berpindah melebihi jumlah muatan positif yang ada di daun, akhirnya daunpun akan bermuatan negatif.

Lha skrg,... kalo elektron yang pindah ke daun pas tepat sama banyaknya  dengan jumlah muatan positif di daun,.. kan jadi netral daunnya, berarti kepala posiif - daun netral, apa ndhak jadi Versii 3 donk....!?!

Jadi jawaban soal yang ini tadi apa dong?

Soal:

Gambar manakah yang benar untuk sebuah benda bermuatan listrik negatif didekatkan pada elektroskop bermuatan listrik positif?


Kita simpulkan dulu:

"Elektroskop bermuatan positif yang didekati muatan negatif, hasilnya bagian kepala potensialnya LEBIH TINGGI dari bagian kaki,.. eh bagian daun".

Kepala lebih tinggi potensialnya itu kondisinya bisa macam-macam, misalnya:

Kepala + 8, daun − 4.

Kepala + 8, daun +3.

Kepala +8, daun netral.

Jadi untuk yang soal di atas jawabnya adalah B (kepala +4, daun − 4, bagian kepala lebih tinggi potensialnya).

Jika mendapati pilihan jawaban misalnya : kepala +4, daun +2, bisa juga dipilih, karena potensial kepala tetap lebih tinggi dari daun, meskipun sama-sama positif. Lain dengan pilihan C, dimana kepala +4, daun +4, potensialnya sama tingginya.

 

Joomla Templates: by JoomlaShack
Fisika Study Center @2010 - 2013 Template Upgrade by Joomla Visually