fisikastudycenter.com_ Naskah soal dan pembahasan olimpiade fisika tingkat kabupaten kota OSK SMA tahun 2013, 8 soal.

Soal Olimpiade Fisika OSK 2013

Soal Nomor 1

Sebuah benda bergerak pada bidang xy dengan komponen kecepatan dalam arah x dapat dinyatakan dalam bentuk ⃑vx(t) = (3t2 - 4t + 5) m/detik, t dalam detik; sedangkan komponen kecepatan dalam arah y adalah ⃑vy (t) seperti ditunjukkan dalam grafik dibawah.

Fisikastudycenter.com- Soal pembahasan osn guru fisika sma bagian 2 dari nomor 21 - 25.

Soal No. 21
Sebuah balok kubus dari kayu yang rusuknya 10 cm dan kerapatannya 0,5 gr/cc terapung di dalam sebuah bejana berisi air.

Sejumlah minyak dengan kerapatan 0,8 gr/cc dituangkan ke dalam bejana yang sama, sehingga permukaan atas lapisan minyak berada 4 cm di bawah permukaan atas balok.

Jika tekanan atmosfer 1,013 x 105 N/m2, maka besarnya tekanan yang dirasakan permukaan bawah balok adalah....kilopascal.

Fisikastudycenter.com_ Sampel soal dan pembahasan osn guru fisika SMA tingkat propinsi.

Soal dicuplik dari osn guru tahun 2011 sebagai gambaran tingkat kemudahan atau kesukaran yang akan dihadapi dalam olimpiade guru fisika SMA di tingkat propinsi.

Untuk catatan, beberapa soal dalam OSN guru fisika SMA telah diketahui merupakan modifikasi dari soal-soal olimpiade fisika untuk siswa dari periode-periode sebelumnya.

Soal pedagogik (no. 1 - no.15) tidak akan ditampilkan, hanya bagian fisikanya saja.

Soal No. 16

Seorang siswa mengendarai sepedanya di sepanjang jalanan lurus arah x yang memenuhi keadaan yang digambarkan dalam kurva v vs t di samping (v dalam meter/detik dan t dalam detik).

Kecepatan rata-rata sepeda selama ia bergerak 9 detik adalah....

Fisikastudycenter.com- Berikut beberapa sampel soal seleksi olimpiade fisika tingkat SMA tahun 2012 tingkat kabupaten kota beberapa waktu lalu.

Soal
Sebuah osilator harmonik memiliki periode T = 1 detik. Simpangan osilasinya bisa dinyatakan oleh persamaan x(t)=a sin⁡(ωt+ϕ) x dan a dalam meter dan t dalam detik. Jika osilasi dimulai pada t = 0 detik dari posisi awal xo = 0,5 m dengan kecepatan awal vo = π m/s, carilah nilai ϕ dan a (Nomor 1)

Pembahasan
Data soal:
x(t) = a sin⁡(ωt+ϕ)
T = 1 sekon
to = 0 s
xo = 0,5 m
νo = π m/s

Tentukan:
ϕ =⋯
a =⋯

Fisikastudycenter.com- Berikut sample contoh soal seleksi olimpiade sains tingkat kabupaten kota tahun 2012 Calon Tim Olimpiade Astronomi Indonesia 2013 untuk bagian fisika (15 soal).

1) Sebuah balok bermassa 0,5 kg dihubungkan dengan sebuah pegas ringan dengan konstanta 200 N/m. Kemudian sistem tersebut berosilasi harmonis. Jika diketahui simpangan maksimumnya adalah 3 cm, maka kecepatan maksimum adalah....
A. 0,1 m/s
B. 0,6 m/s
C. 1 m/s
D. 1,5 m/s
E. 2 m/s