Fisikastudycenter.com- Cara membaca pita ticker timer untuk gerak lurus berubah beraturan, GLBB, menentukan jenis gerak dari hasil ketikan percobaan dengan alat ticker timer.

Mobil-mobilan bergerak pada bidang miring ke arah bawah, sehingga jenis geraknya adalah gerak lurus berubah beraturan dipercepat.

Bagaimana pola yang terbentuk dari hasil ketikan pada pita ticker yang dipasang di belakang mobil-mobilan?

Sseperti berikut ilustrasi sederhana cara membaca pita ticker timer.

F atau tanda panah pada pita mengacu pada arah gerak benda yang menarik pita ticker, sekaligus acuan untuk menentukan bagian mana yang terkena ketikan ticker lebih dahulu.

Pada contoh di berikut bagian yang terkena ketikan terlebih dahulu adalah sebelah kanan pita, kemudian baru sebelah menyebelah ke arah kiri.

F atau tanda panah pada pita mengacu pada arah gerak benda yang menarik pita ticker, sekaligus acuan untuk menentukan bagian mana yang terkena ketikan ticker lebih dahulu. Pada contoh di bawah bagian yang terkena ketikan terlebih dahulu adalah sebelah kanan pita, kemudian baru sebelah menyebelah ke arah kiri.


 

Karena pada contoh di atas pembacaan pola ticker dari kanan ke arah kiri, maka yang terbaca adalah mula-mula jarak antar ketikan rapat kemudian dengan teratur makin melebar. Karena waktu yang diperlukan antar ketikan adalah selalu sama, maka jarak yang ditempuh mobil-mobilan makin besar tiap selang ketik, jadi gerak mobil adalah dipercepat.

Bagaimana jika tidak ada tanda "F" ataupun tanda panah pada pola hasil ketikan pada pita ticker timer? Sebagian (banyak) literatur akan memulai pembacaan pola dari kiri ke kanan.

Cara membaca ticker timer berbeda dengan cara membaca tetesan (oli) yang jatuh dari suatu kendaraan yang bergerak, jadi jangan salah atau terbalik.

-Pembacaan pola tetesan oli searah dengan arah gerak kendaraannya
-Pembacaan pola ticker timer berlawanan dengan arah tarikan pada pitanya.

 

Berikut selengkapnya pola-pola pada pita sebuah ticker timer:

Gaya ke kanan



Gaya ke kiri

Jauhkah atau dekat, samakah atau beda...