Fisika Study Center

Never Ending Learning

Belajar UN Fisika 2011 SKL 1 bag 2 Vektor

Fisikastudycenter.com- Belajar Ujian Nasional (UN) Fisika SMA 2011, membandingkan SKL UN Fisika 2010 beserta kemampuan yang diuji dan SKL UN Fisika 2011 beserta Indikatornya, SKL No. 1 Indikator 2 dari 2 indikator (Tentang Vektor).

Perbandingan
Tahun 2010
SKL No. 1
-Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti dan obyektif
Kemampuan yang diuji:
-Membedakan besaran skalar dan vektor serta menjumlah / mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara

Tahun 2011
SKL No. 1 Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti dan obyektif.
Indikator:
-Menentukan besaran skalar dan vektor serta menjumlah /mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara.

Tipikal Soal
Tahun 2008, menentukan resultan vektor dengan metode analitis / penguraian vektor, disediakan grafik X-Y, hasil dalam bentuk vektor satuan i, j
Tahun 2009 dan 2010, menentukan resultan vektor dengan metode poligon yang dikemas dalam bentuk soal cerita, penyelesaian soal dengan rumus phytagoras.


Persiapan
Berbagai cara untuk menjumlah/mengurangkan vektor diantaranya:
1) Metode jajaran genjang
Biasa digunakan untuk menjumlah/mengurangkan vektor (dua buah vektor), perhatikan perbedaan pada rumus penjumlahan dan pengurangan (tanda +/−) saat mencari nilainya.
2) Metode Poligon
Biasa digunakan jika banyaknya vektor lebih dari dua. Tipikal soalnya secara umum terbagi dua. Pertama :mencari nilai / besar resultan (kadang selesai dengan phytagoras saja) seperti UN 2010, kedua : diberikan beberapa buah vektor plus operasi vektornya kemudian pilih gambar yang tepat dari operasi yang disediakan, tipe ini tidak muncul di 3 UN terakhir namun pernah muncul di Ebtanas (UN jaman dulu), sapa tau muncul lagi,....
3) Metode analitis/penguraian vektor
Tipe sedang jika vektornya ada dua, dan memungkinkan tiga vektor jika soal mengakomodasi tipe sukar.

Wajib hafal: Nilai sinus dan cosinus sudut istimewa 0, 30, 45, 60 dan 90, 120,...

Review topik vektor, Rangkuman soal UN vektor dan pembahasan UN tahun sebelumnya, try out online  silahkan lihat di daftar isi sebelah kiri! Kurang lengkap,...? Tengok lagi catatannya (mudah-mudahan belum ilang,...), tengok buku cetak, mampir webnya Pak Teguh (http://teguhsasmitosdp1.wordpress.com/ )!!

Joomla Template Tutorial: by JoomlaShack
Fisika Study Center @2010 - 2013 Template Upgrade by Joomla Visually