Fisikastudycenter.com- Ilustrasi sebuah elektroskop netral yang didekati oleh sebuah benda atau objek yang bermuatan positif.

Benda bermuatan positif bisa diperoleh dari batang kaca yang digosok terlebih dahulu dengan kain sutra.

Perhatikan ilustrasi berikut ini. Cermati kondisi muatan pada bagian kepala elektroskop dan daun (kaki) elektroskop setelah didekati muatan positif.

Topik : Listrik Statis - Elektroskop
Level : SMP

Siapkan sebuah elektroskop, pastikan dalam keadaan netral yang ditandai dengan daun dalam kondisi menguncup atau tertutup.

Dekatkan benda yang bermuatan positif ke bagian kepala elektroskop dengan dekat agar mendapatkan penampakan yang lebih jelas di akhir.

Nampak kedua daun elektroskop akhirnya mengembang.

Bagaimana prosesnya?

Pada kepala dan daun elektroskop yang masih netral ditandai dengan jumlah muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron) dalam jumlah yang sama.

Saat sebuah benda bermuatan positif berada dekat kepala elektroskop, maka muatan negatif dari daun mengalir pindah ke kepala.

Akibatnya, bagian kepala yang tadinya netral, berubah menjadi bermuatan negatif akibat kedatangan rombongan elektron tadi.

Pada bagian daun, yang tadinya jumlah positif dan negatifnya sama, karena ditinggal oleh sebagian elektron pindah ke daun, menjadikan pada daun tersisa muatan-muatan positif lebih banyak, sehingga daun bermuatan positif.

Daun akhirnya mengembang, karena sesama muatan positif pada kiri dan kanan daun saling tolak-menolak tidak mau berdekatan.